Thursday, March 8, 2012

TARI PENDET (BALI)

Pada jaman dulu Tari pendet adalah merupakan tari yang di sakralkan yang hanya di tarikan pada saat upacara dimana mempunyai fungsi untuk menyambut para dewa yang turun ke dunia. Seiring dengan perkembangan jaman tari pendet tersebut di fungsikan menjadi sebuah tarian untuk tari penyambutan. Hampir di setiap awal kegiatan yang bersekala besar di Bali di awali dengan tarian tersebut. Seperti penyambutan tamu tamu kenegaraan baik dalam maupun luar negeri dan tarian ini juga sering disebut tari panyembrahma.
Di Bali tarian ini sudah tidak asing lagi, hampir semua anak-anak dan dewasa mampu menarikan tarian ini karena memang diajarkan sudah sejak dini.dan sering di pentaskan di setiap upacara keagamaan (terutama umat Hindu)di Bali.
Setiap gerakan pada tarian tersebut mengandung makna, dan semua gerakan tersebut ada namanya. Tarian ini ditarikan dengan membawa canang atau bokor yang di isi dengan bunga. dan pada akhir tarian bunga tersebut ditaburkan untuk penyambutan yang melambangkan keharuman, kesucian dan keramah tamahan kita sebagai tuan rumah.
Itulah cerita singkat tentang tari pendet yang merupakan warisan leluhur kita.

No comments:

Post a Comment

Air terjun banyumala by dexdi